komponen logistik

Apa Itu Logistik dan Aktivitasnya

Pengertian Logistik merupakan salah satu bahasan yang cukup penting untuk anda ketahui sebagai konsumen setia Kargo Murah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa secara umum, logistik adalah suatu ilmu pengetahuan atau seni dalam melakukan proses penyimpanan, penyaluran dan pemeliharaan, dan penghapusan terhadap berbagai barang atau alat-alat tertentu.

Apa Itu Logistik?

pengetian logistik dan penjelasannya

Kata logistik berasal dari Bahasa Yunani logos yang berarti rasio, kata, kalkulasi, alasan, pembicaraan, orasi”.

Kata logistik memiliki asal kata dari Bahasa Prancis loger yaitu untuk menginapkan atau menyediakan.

Kegunaan asalnya untuk menjelaskan ilmu dari pergerakan, suplai & perawatan dari pasukan militer di lapangan.

Nantinya digunakan untuk mendeskripsikan manajemen arus barang di sebuah organisasi, dari barang mentah menjadi barang jadi.

Logistik adalah konsep yang dianggap berevolusi dari kebutuhan pihak militer untuk memenuhi persediaan mereka ketika mereka beranjak ke medan perang dari markas.

Pada kekaisaran YunaniRomawi dan Bizantium kuno, ada perwira militer dengan gelar ‘Logistikas’, yang bertanggung jawab atas distribusi dan pendanaan persediaan perang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengatakan bahwa Logistik adalah

pengadaan, perawatan, distribusi, dan penyediaan (untuk mengganti) perlengkapan, perbekalan, dan ketenagaan; segi ilmu kemiliteran mengenai pengadaan, perawatan, dan transportasi peralatan, pembekalan, dan pasukan; segala persiapan dan tindakan yang diperlukan untuk memperlengkapi pasukan dengan alat dan perbekalan agar dpt bertempur dalam kondisi yang paling baik dan menguntungkan;  penanganan seluk-beluk operasi militeran

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa logistik adalah serangkaian proses yang meliputi kegiatan perencanaan, implementasi, hingga pengawasan terhadap suatu proses perpindahan, baik itu barang/ jasa, energi, atau sumber daya lainnya, dari titik awal menuju titik penggunaan.

Dari penjelasan arti logistik tersebut dapat disimpulkan bahwa logistik adalah bagian dari ilmu manajemen dimana rangkaian kegiatannya saling berhubungan dan dilakukan secara bertahap, serta bertujuan untuk mengelola dan memelihara barang atau perlengkapan tertentu.

Aktivitas Logistik

pengertian logistik serta penjelasannya

Pengertian logistik adalah kegiatan untuk mencapai suatu tujuan, yaitu tersedianya suatu barang yang tepat pada waktu dan tempat yang tepat.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan logistik memiliki standar performa yang harus dicapai.

Adapun tingkat performa yang ingin dicapai dalam kegiatan logistik adalah terjadinya keseimbangan antara kualitas pelayanan yang diharapkan pelanggan dengan semua biaya yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Ada beberapa aktivitas logistik yang saling berkaitan satu dengan lainnya.

Adapun aktivitas-aktivitas logistik tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pelayanan Pelanggan (Customer Service)

Pelayanan pelanggan adalah bentuk pemberian layanan atau servis yang diberikan kepada pelanggan atau konsumen.

  • Prediksi Permintaan (Demand Forecasting)

Peramalan permintaan (fOrecasting Demand) merupakan tingkat permintaan produk –produk yang diharapkan akan terealisasi untuk jangka waktu tertentu pada masa yang akan datang.

  • Manajemen Persediaan (Inventory Management)

Manajemen persediaan adalah bagian dari perusahaan yang berfungsi untuk mengatur persediaan barang yang dimiliki.

Mulai dari cara memperoleh persediaan, penyimpanannya, sampai persediaan tersebut dimanfaatkan atau dikeluarkan.

  • Komunikasi Logistik (Logistic Communication)

Komunikasi Logistik (Logistic Communication) Komunikasi Logistik (Logistic Communication) merupakan jaringan utama diantara seluruh proses logistik dan pelanggan perusahaan.

  • Penanganan Material (Material Handling)

Penanganan mterial adalah salah satu jenis transportasi (pengangkutan) yang dilakukan dalam perusahaan industri, yang artinya memindahkan bahan baku, barang setengah jadi atau barang jadi dari tempat asal ketempat tujuan yang telah ditetapkan

  • Pengemasan (Packaging)

Pengemasan merupakan sistem yang terkoordinasi untuk menyiapkan barang menjadi siap untuk ditransportasikan, didistribusikan, disimpan, dijual, dan dipakai.

  • Pergudangan dan penyimpanan (Warehousing & Storage)

Salah satu fungsi utama gudang adalah sebagai tempat penyimpanan barang sementara sebelum barang tersebut digunakan. Secara umum, material dimasukkan ke dalam area penyimpanan setelah proses stuffing selesai.

Share on Whatsapp
Posted in layanan kargo murah, Wawasan Umum and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *