Wawasan Umum

Penyebab Barang Rusak Saat Pengiriman dan Jenis Kerusakannya

Barang Rusak Saat Pengiriman

Kegiatan pengiriman barang terkadang memiliki resiko tersendiri seperti halnya barang rusak saat pengiriman yang bisa berupa barang pecah, penurunan kualitas maupun busuk. Karena itu, Anda harus memilih jasa yang tepat dan terpercaya untuk meminimalisir kerusakan tersebut. Jika perlu, cari jasa ekspedisi yang menyediakan garansi serta asuransi sehingga Anda tidak mengalami kerugian di kemudian hari. Pengiriman barang sendiri sangat dibutuhkan di berbagai aspek termasuk pemilik toko online, retail, dan industri.

Jenis-Jenis Kerusakan Barang Selama Pengiriman

jenis kesurakan barang saat pengiriman

Perlu Anda ketahui bahwa jasa ekspedisi yang digunakan bisa menentukan bagaimana proses pengiriman barang. Di jasa yang berpengalaman, maka sudah mengetahui apa yang harus dilakukan agar barang tetap aman dan tidak rusak. Maka dari itu, jangan sampai salah memilih jasa ekspedisi. Kerusakan barang yang bisa terjadi adalah sebagai berikut :

  • Barang tumpah => Biasanya barang ini berupa cairan termasuk sabun, biang parfum dan lain sebagainya. Barang bisa tumpah karena tertindih barang lain atau karena goncangan yang terjadi saat proses pengiriman.
  • Barang pecah=> Benda pecah belah atau elektronik rawan mengalami kerusakan ini. Karena itu pemilihan jasa ekspedisi yang profesional sangat diperlukan dimana mereka akan membantu proses pengiriman yang aman.
  • Barang rusak tertindih => Barang yang dikirim bisa rusak karena tertindih barang lain. Contohnya adalah barang dari plastik yang mudah rusak karena tertindih apalagi tanpa adanya packing yang standar dari pihak ekspedisi.
  • Barang busuk => Contoh barang yang mudah busuk adalah sayur buah, daging dan ikan. Hal yang bisa membuat hal ini terjadi adalah karena estimasi waktu pengiriman yang terlambat sehingga bisa lebih lama. Karena itu, saat akan mengirim barang, pastikan pihak jasa ekspedisi menjanjikan waktu pengiriman yang tepat waktu untuk menghindari kerusakan barang.
  • Barang layu  atau terjadi penurunan kualitas => Barang yang layu bisa berupa tanaman hias, bibit tanaman, tanaman sayur, tanaman buah dan lain sebagainya. Kerusakan ini bisa terjadi karena pengiriman yang terlalu lama.
  • Barang hancur dan tidak layak lagi digunakan => Contohnya adalah barang elektonik yang rusak dan tidak bisa digunakan lagi saat sudah sampai di alamat tujuan.
  • Kerusakan isi cargo => Hal ini bisa terjadi pada jenis pengiriman cargo. Salah satunya adalah isi kargo hilang yang bisa saja terjadi selama proses pengiriman.
  • Kemasan atau packing yang rusak => Packing yang rusak juga bisa menimbulkan kerugian tersendiri. Hal ini bisa menjadi ciri isi kargo rusak maupun hilang atau rusak. Namun bisa saja ketika kemasan rusak, barang di dalamnya tetap aman dan tidak hilang.
  • Bintang yang mati => Jenis pengiriman berupa binatang bisa mengalami resiko ini. Contohnya adalah pengiriman live fish atau ikan.

Penyebab Barang Rusak Selama Pengiriman

barang rusak saat pengiriman

Barang rusak saat pengiriman adalah salah satu hal yang dikeluhkan oleh pelanggan. Hal ini karena kerusakan bisa mendatangkan kerugian secara materi dan bisa merusak citra di mata konsumen, khususnya bagi pemilik toko online dan bisnis retail. Hal ini sebenarnya bisa dihindari jika pengemasan sesuai standar dan juga prosesnya diawasi oleh jasa yang berpengalaman.

Jasa yang profesional ini bisa menghindari penyebab barang rusak selama pengiriman. Berikut ini adalah penyebab yang bisa membuat barang rusak :

  • Pengiriman barang yang terlalu lama => Hal ini bisa mengakibatkan keterlambatan pengiriman untuk sampai ke alamat penerima. Jenis barang seperti makanan beku, sayur, buah dan beberapa jenis barang lain rawan rusak saat hal ini terjadi.
  • Barang di tahan di bea cukai => Hal ini juga bisa menghambat barang sampai ke alamat tujuan sehingga rawan rusak, khususnya jika berupa makanan maupun tanaman. Barang yang ditahan di bea cukai biasanya barang yang dilarang. Maka dari itu, pastikan untuk memilih jasa ekspedisi berpengalaman sehingga hal tersebut bisa dihindari.
  • Kelalain dalam pengemasan barang => Agar barang tidak mudah rusak, maka seharusnya barang dikemas sesuai standar dan jenis barang. Contohnya untuk barang pecah belah maupun elektronik akan lebih aman dengan tambahan packing kayu.
  • Skill mengemudi driver yang kurang mahir => Kondisi di jalan bisa membuat barang rusak akibat goncangan. Hal ini rawan terjadi pada benda seperti pecah belah. Maka dari itu, memilih jasa yang berpengalaman dengan skill driver yang memadai sangat dibutuhkan.
  • Tidak adanya SOP kerja => Jasa ekspedisi bertanggung jawab dalam menyiapkan kebutuhan armada hingga pengadaan kru yang berpengalaman termasuk kurir dan driver. Selain itu, pihak jasa juga harus menyiapkan SOP kerja yang ketat untuk mnegurangi adnaya kelalaian dalam pengiriman barang. Salah satunya adalah pada proses bongkar muat barang harus diawasi sehingga bisa meminimalisir kerusakan barang.

Tips Agar Terhindar dari Kerugian Akibat Barang Rusak Saat Pengiriman

pengiriman barang dengan resiko kerusakan

Sebagai customer yang cerdas, maka perlu menerapkan beberapa hal di bawah ini agar barang yang dikirim tidak mengalami kerusakan. Pasalnya, barang yang rusak bisa mengurangi kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang Anda jalankan. Setidaknya, perhatikan tips di bawah ini agar terhindari dari kerugian akibat barang rusak selama pengiriman :

  • Perhatikan jenis dan material packing yang harus tepat dan sesuai standart
  • Gunakan asuransi yang diberikan oleh pihak perusahaan ekspedisi khususnya untuk pengiriman barang berharga atau barang mewah
  • Pilih jasa pengiriman dengan garansi
  • Pilih jasa pengiriman berpengalaman sehingga jika ada kerusakan bisa mengajukan komplain
  • Pastikan mengetahui estimasi lamanya waktu pengiriman sehingga bisa memastikan barang tetap aman sampai di alamat tujuan

Cara Meminimalisir Kerusakan Barang Saat Melakukan Pengiriman

barang rusak saat pengiriman

Perusahaan ekspedisi memiliki tanggung jawab tersendiri agar mengurangi resiko kerusakan saat proses pengiriman dilakukan. Berikut ini adalah upaya profesional pihak ekspedisi untuk menjaga loyalitas klien :

  • Merektur tenaga kerja yang berpengalaman dan dibekali SOP yang jelas
  • Melakukan pengawasan bongkar muat barang
  • Memberi estimasi waktu perjalanan kepada klien
  • Manajemen kerja yang dipatuhi dan profesional
  • Jumlah armada memadai dan lengkap sehingga bisa mengangkut semua jenis barang
  • Kendaraan prima yang selalu dirawat secara berkala untuk menghindari mogok dan rusak dijalan yang menghambat pengiriman
  • Melakukan penyusunan barang dengan benar sehingga barang yang rawan rusak tetap aman sampai ke alamat tujuan

Jasa Pengiriman Dijamin Aman sampai ke Alamat Tujuan

barang rusak saat pengiriman

Faktor pemilih jasa pengiriman sangat penting agar barang yang dikirim tetap aman. Agar tidak salah pilih, maka hubungi Kargo Murah. Perusahaan ekspedisi yang satu ini memiliki manajemen yang profesiona sehingga selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan.

Kami adalah perusahaan yang menyediakan berbagai layanan lengkap mulai dari pengiriman via darat, laut, dan udara. Pengiriman yang Kami lakukan juga termasuk pengiriman via kereta api, logistik, dan kendaraan bermotor.

Kami selalu meningkatkan profesionalitas kerja Kami sehingga bisa menghindari barang rusak saat pengiriman dilakukan. Kami adalah solusi yang tepat bagi yang mencari partner ekspedisi dengan jaringan yang luas ke seluruh wilayah Indonesia.

Share on Whatsapp

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.