Wawasan Umum

Pengertian E-commerce dan Apa Saja Manfaat yang Diberikan

Apa Itu E-commerce

Saat ini, membeli barang apapun bisa lebih mudah dilakukan dari mana saja Anda berada asalkan Hp Kita terhubung dengan internet berkat adanya E-commerce. Lalu, Apa Itu E-commerce dan apa saja manfaatnya bagi Kita? Istilah tersebut sudah sering Kita dengarkan dan merupakan cara baru untuk membeli barang dengan lebih mudah. Dengan model bisnis tersebut maka penjual dan pembeli bisa terhubung dan lebih mudah dalam berkomunikasi.

Pengertian Apa Itu E-Commerce yang Perlu Anda Ketahui

pengertian ecommerce

E-commerce adalah singkatan dari Electronic Commerce yang artinya adalah mode transkasi yang dilakuakn dengan memanfaatkan internet. E-Commerce ini tidak hanya terkait dengan jual beli saja, namun juga pada berbagai kegiatan seperti halnya memantau ketersediaan barang.

E-commerce juga mencaup kegiatan penyebaran, penjualan, pembelian serta pemasaran produk baik barang maupun jasa dengan menggunakan jaringan internet maupun televisi. Secara singkat, E-commerce bisa berarti proses pembelian maupun penjualan produk secara elektronik yang semakin populer saat ini.

Bagaimana Sejarah E-commerce dan Perkembangannya

pengertian ecommerce

 

Dilansir dari accurate.id, E-commerce sudah ada sejak tahun 1970-an. Saat itu, sudah hadir electronic fund transfer yang merupakan layanan pengiriman uang dengan saluran elektronik. Baru di tahun 1990, internet sudah mulai berkembang dan mulai dikomersilkan dan istilah E-commerce semakin dikenal oleh masyarakat, seperti halnya di Indonesia.

Sedangkan dilansir dari wikipedia, E-commerce sudah mulai diperkenakan pada tahun 1994 dimana saat itu, banner elektronik sudah mulai digunakan untuk promosi dan iklan di halaman website.

Sampai saat ini, perkembangan E-commerce semakin pesat dan muncul berbagai jenis model bisnis. E-commerce juga merupakan bagian dari e-bisnis yang berkaitan dengan transkasi komersial termasuk transfer dana, pemasaran elektronik, serta pemasaran online.

Jenis-Jenis E-commerce yang Perlu Anda Ketahui

ecommerce

Seperti dijelaskan  di atas, bahwa kegiatan dalam E-commerce itu sangatlah beragam. Hal ini pun bisa dilihat dari berbagai jenis E-commerce yang ada saat ini, seperti :

  • Business to business atau B2B => Pada model yang satu ini, pihak yang menjadi konsumennya adalah suatu bisnis juga. Artinya, E-commerce menjual barang yang dibutuhkan oeh sebuah perusahaan yang menjadi konsumennya. Contohnya adalah penyedia peralatan perusahaan dan perusahaan hosting.
  • Business to consumer atau B2C => Pada model ini pihak Ecommerce adalah sebagai pihak bisnis dan pelanggannya adalah konsumen yang menggunakan langsung barang atau jasa yang dijual.
  • Consumer to consumer atau C2C => Pada model ini maka penjual UMKM akan menggunakan  E-commerce sebagai sarana mejual barang dan jasa pada konsumen secara langsung. Contohnya Shopee, Tokopedia dan Bukalapak.
  • Consumer to Business atau C2B => Pada model ini, maka E-commerce digunakan seorang konsumen untuk menawarkan barang maupun jasa pada sebuah perusahaan. Contohnya adalah influencer yang menawarkan jasa prommosi kepada pihak perusahaan.

Masih ada beberapa jenis dan model E-commerce yang digunakan saat ini. Secara umum, kebradaan model transaksi di atas akan sama-sama menguntungkan dimana pihak bisnis akan lebih mudah menawarkan dan memasarkan jasa dan barangnya. Sementara itu, pihak konsumen atau pihak perusahaan yang membutuhkan barang dan jasa bisa mendapatkannya dengan cara yang lebih mudah.

Manfaat E-commerce bagi Masyarakat

ecommerce adalah

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan juga internet yang semakin mudah dijangkau ini, maka perkembangan E-commerce semakin pesat. Hal ini tak lepas juga dari berbagai manfaat dan keuntungan yang diberikan oleh model transaksi secara elektronik tersebut, diantaranya adalah :

  • Tidak perlu toko fisik untuk menawarkan produk yang dimiliki => E-commerce menyediakan ruang bagi yang ingin menawarkan barangnya di lapak online baik melalui website maupun toko online yang ada saat ini. Karena itu, tidak mengherankan jika harga barang yang dijual di E-commerce akan lebih murah daripada barang yang dijual di toko offline atau toko fisik.
  • Kemungkinan berkembang lebih mudah => Anda lebih mudah mengenbangkan bisnis dengan E-commerce ini karena tidak membutuhkan biaya operasional seperti halnya biaya toko fisik. Biaya iklan pun bisa lebih murah dan lebih efektif.
  • Bisa berkomunikasi dengan konsumen kapan saja => Ecommerce menyediakan berbagai aplikasi yang bisa diinstal di handphone. Dengan demikian, maka kegiatan transaksi dan juga komunikasi dengan pihak seller bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja.
  • Mempermudah pemasaran produk => Anda tidak perlu sewa iklan offline seperti namun bisa dibantu dengan iklan lewat website hingga sosial media yang ada.
  • Mempermudah proses pembayaran => Proses pembayaran tidak terbatas dengan pembayaran lewat ATM saja, akan tetapi, Anda juga bisa melakukan pembayaran dengan sistem kredit hingga menggunkana dompet digital.

Kekurangan E-commerce yang Perlu Anda Ketahui

Apa Itu E-commerce

Setelah mengetahui apa itu ecommerce dan juga kelebihannya, tidak ada salahnya jika Anda juga mengetahui apa saja kekurangan dari model bisnis eektronik ini. Beberapa kekurangan yang bisa Anda rasakan adalah :

  • Konsumen tidak bisa melihat barang secara langsung => Hal ini salah satu alasan kenapa pelanggan mempertimbangkan kembali untuk membeli di ecommerce. Namun hal ini sudah disiasati dengan adanya sistem rating yang disediakan oleh pihak ecommerce dan juag disediakan testimoni agar mendapat barang dengan kualitas yang diinginkan.
  • Adanya resiko => Selain resiko pembelian barang tidak sesuai dengan keinginan, transaksi dengan cara elektronik juga menimbulkan  resiko tersendiri. Salah satunya adaah pencurian data hingga pencurian kartu kredit.
  • Persaingan harga semakin ketat => Sebenarnya bagi pelanggan, hal ini merupakan suatu keuntungan tersendiri karena bisa membandingkan harga dari beberapa toko online. Akan tetapi, bagi pihak penjual, hal ini menimbulkan persaingan harga yang ketat hingga bisa memperkecil keuntungan yang seharusnya diperoleh.

Cara Memilih Platform E-commerce Terbaik

Apa Itu E-commerce

Pemilihan Ecommerce yang tepat sangat penting untuk menjamin keamanan dalam bertransaksi dan menghindari resiko di kemudian hari. Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan  terkait dengan pemilihan E-commerce yang akan Anda akses :

  • Pilihan E-commerce yang memiliki traffic tinggi dimana akan ada lebih banyak peluang untuk bertemu lebih banyak pembeli maupun penjual
  • Pilih E-commerce yang menyediakn versi smartphone maupun PC sehingga Anda lebih mudah dalam mengaksesnya kapan saja dan darimana saja
  • Adanya proses mudah dalam membuat lapak dan menawarkan barang yang akan dijual kepada pelanggan.
  • Memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dengan pelanggan
  • Menyediakan fitur yang mudah digunakan seperti halnya fitur pencarian produk
  • Menyediakan bonus dan berbagai reward kepada pembeli maupun penjual seperti potongan ongkos kirim dan lain sebagainya

Selain itu, pilih ecommerce yang menyediakan fitur kurir yang terlengkap sehingga bisa mengirim barang dengan estimasi waktu yang dibutuhkan. Untuk pengiriman barang sendiri, Anda bisa dibantu dengan adanya jasa dari Kargo Murah.

Jasa ini menjadi jawaban bagi ecommerce maupun pemilik toko online yang tergabung di dalamnya untuk bisa mengirim barang, termasuk barang dalam jumlah banyak sekalipun. Jenis barang yang bisa dikirimpun sangat beragam bahkan bisa dikirim dengan kargo khusus untuk pembelian grosiran maupun pembelian barang dengan dimensi yang besar.

Setelah mengetahui Apa Itu E-commerce di atas, ketahui juga manfaat dari jasa pengiriman dan kurir yang terpercaya, seperti halnya di Kargo Murah. Kami menyediakan tarif yang murah, pengiriman yang aman, dan dijamin tepat waktu.

Share on Whatsapp

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.